Jenis-Jenis Perlengkapan Kantor
Perlengkapan
Kantor memiliki peranan yang cukup penting bagi pekerjaan instansi,
perlengkapan kantor yang baik, cukup jumlahnya, beraneka ragam jenisnya akan
semakin mempermudah pekerjaan para pegawainya.
Contohnya
saja, jika kita memiliki mesin printer pasti akan memudahkan kita untuk mencetak
dokumen dikomputer tanpa harus pergi ke tempat rental komputer, contoh lainnya
jika kita memiliki mesin fotocopy tentunya kita tidak perlu repot harus pergi
ke tukang foto copy.
Berikut
ini akan di jelaskan Jenis-jenis Perlengkapan Kantor yang sering digunakan pada
suatu instansi.
1.
Perbekalan kantor (office suplies)
(office
suplies) yaitu benda-benda yang akan habis pemakainnya sehari-hari di kantor.
Benda ini biasanya digunakan untuk kegiatan tulis menulis dan biasanya tidak
tahan lama. Pengertian habis bukan berarti tidak ada bekasnya numun bisa masih
ada tapi tidak dapat digunakan kembali.
contoh
perbekalan kantor
a).Macam-macam
kertas (HVS, Stensil, karton, dorslagh, karbon dll)
b).Tinta,
lem, karet penghapus, pita mesin tik.
c).Paper
clip, jepitan kawat, staples.
2.
Peralatan kantor (office appliences)
Adalah
segenap alat yang digunakan dalam pekerjaan tata usaha. Misalnya alat-alat
bukan mesin, atk.
Contoh
peralatan kantor adalah sebagai berikut.
a).Bak
surat (desk try)
b).Kalender
meja (desk calender)
c).Mistar
(ruler)
d).Pena
(pen)
e).Tangkai
pena (pen holder)
f).Gunting
(shears)
g).
Cap tanggal (band date)
h.)
Bantalan cap (stamp pad)
3.
Mesin-mesin kantor (office machine)
Segenap
alat yang digunakan untuk menghimpun, mencatat, mengolah bahan-bahan keterangan
dalam pekerjaan tata usaha yang bekerja secara maknetik, elektronik dan
mekanik. Contoh mesin-mesin kantor adalah sebagai berikut.
a).Mesin
penghitung (calculating machine)
b).Mesin
tulis (type writer)
c).Mesin
pengganda (reproducing machine)
d).Mesin
label (labeling machine)
e).Mesin
penomor (numbering machine)
f).Mesin-mesin
komunikasi (pesawat kantor) misalnya telephone, fax, intercom.
g.)Mesin
perekam misalnya tape recorder, dictaphone, transcriber.
h).
Ohp, lcd.
i).Komputer
4.
Perabot kantor (office furniture)
Yaitu
benda-benda kantor yang umumnya terbuat dari bahan yang kuat seperti kayu atau
baja yang digunakan untuk pekerjaan tata usaha.
a.
Meja kantor
Meja
kantor yang baik harus memenuhi beberapa persyaratan, diantaranya :
Dari
permukaan meja sampai lantai tidak seluruhnya tertutup, bagian bawahnya harus
mempunyai kaki-kaki yang cukup terbuka untuk tempat peredaran udara.
Permukaan
meja tidak berkilat-kilat agar tidak menyilaikan para pegawai yang memakainya.
Luas
meja tidak terlampau berlebihan, karena luas meja yang berlebihan biasanya
tidak dipergunakan untuk melaksanakan pekerjaan tapi digunakan untuk fungsi
yang lain.
Meja
kantor ada beberapa jenis, dilihar dari ukuranya dan fungsinya jenis-jenis meja
kantor adalah:
Ukuran
Meja dan Fungsinya
Meja
besar atau satu biro dengan ukuran p = 121,5 cm, l = 71 – 80 cm, t = 74 cm
biasanya digunakan oleh direktur.
meja
1 biro
Meja
sedang atau meja ½ biro dengan ukuran p = 96,5 cm, l = 71 cm, t = 74 cm
biasanya digunakan oleh kepala bagian.
meja
1/2 biro
Meja
biasa dengan ukuran p = 120 cm. l = 70 – 72 cm, t = 75 cm meja ini digunakan
oleh pegawai biasa
meja
biasa
Meja
khusus sesuai dengan kegunannya juru tik, insinyur, desainer dll
Meja
rapat sesuai dengan jumlah peserta rapat kegiatan rapat atau pertemuan baik
dalam jumlah besar maupun dalam jumlah kecil
b.
Kursi.
Menurut
Ralph Barnes kursi kantor yang baik harus memenuhi persyaratan antara lain :
a).Dapat
diatur tinggi rendahnya.
b).Dibuat
secara kokoh.
c).Disesuaikan
dengan bentuk badan orang.
d).Mempunyai
penyangga belakang.
c.
Lemari
Lemari
di kantor dapat dibedakan berdasarkan kegunaanya, macam-macam lemari atau alat
penyimpan di kantor antara lain:
Lemari-lemari
warkat, lemari ini biasanya digunakan untuk menyimpan warkat atau dokumen yang
belum difile atau belum disimpan.
Lemari
rak, lemari yang digunakan untuk menyimpan dokumen seperti buku, laporan yang
sudah dibundel atau dimasukan dalam odner.
Lemari
brandkas (cash box) lemari ini digunakan untuk menyimpan uang atau
dokumen-dokumen penting dan surat berharga perusahaan.
Filling
cabinet, alat untuk menyimpan dokumen yang telah selesai diproses dan dijadikan
sebagai arsip perusahaan.
5.
Hiasan kantor (office ornament)
Yaitu
benda-benda kantor pada umumnya untuk menambah suasana menyenangkan di kantor.
Berfungsi untuk menambah suasana indah di dalam kantor sehingga semangat kerja
pegawai dapat meningkat, dengan adanya hiasan di kantor diharapkan dapat
mengurangi stress pegawai sehingga kinerja meningkat.
Beberapa
contoh hiasan kantor antara lain :
a).Bunga
hidup atau pohon hidup.
b).Lukisan-lukisan.
c).Akuarium
d).Lampu
hias
6.
Perabot kantor tempelan (office fixture)
Yaitu
perabot yang telah melekat menjadi satu dengan bangunan lain di kantor.
Misalnya lemari yang telah menjadi satu dengan gedung, rak buku yang menempel
di dinding
7.
alat bantu peraga
Yaitu
alat-alat yang digunakan untuk membantu kelancaran komunikasi antara penyaji
dan pendengar misalnya tape recorder, LCD, televisi dll. Alat ini sangat
penting ketika terjadi komunikasi antara penyaji dan pendengar untuk membantu
meningkatkan pemahaman antar komunikan dan komunikator.
Beberapa
contoh antara lain:
a).LCD,
OHP.
b).Microphone
c).Video,
Televisi.
Perlengkapan
kantor tersebut seharusnya dapat meningkatkan kinerja pegawai kantor di suatu
instansi. Penggunaan perlengkapan kantor juga harus diperhatikan agar
perlengkapan kantor tersebut tidak mudah rusak, sehingga akan menghemat
pengeluaran suatu kantor. Untuk memilih peralatan kantor yang baik untuk suatu
kantor ada baiknya simak penjelasannya pada artikel Cara Memilih Perlengkapan Kantor
Komentar
Posting Komentar